Senin, 04 Juni 2012

RPP Statistika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                               
                                             Nama Sekolah          :     .................................
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Program        :    XI (Sebelas) / IPA
                                             Semester                   :     Ganjil

Standar Kompetensi                :  1.      Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar                    :  1.2.   Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogif, serta penafsirannya.
Indikator                                   :  1.      Menyajikan data dalam berbagai bentuk tabel, meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok).
                                                      2.      Menyajikan data dalam berbagai bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, dan ogif.
                                                      3.      Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk tabel dan diagram.
4.      Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dasar statistika (data (jenis-jenis data, ukuran data), statistika, statistik, populasi, sampel, data tunggal), penyajian  data dalam bentuk tabel (daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, daftar distribusi frekuensi  kumulatif), dan penyajian data dalam bentuk diagram (diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, dan ogif).

Alokasi Waktu                          :  4 jam pelajaran (2 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
         a.   Peserta didik dapat menyajikan data dalam berbagai bentuk tabel, meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok).
         b.   Peserta didik dapat menyajikan data dalam berbagai bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, dan ogif.
         c.   Peserta didik dapat menafsirkan data dari berbagai macam bentuk tabel dan diagram.

B.     Materi Ajar
         a.            Penyajian data dalam bentuk tabel (daftar):
-           Tabel (daftar) baris-kolom.
-           Daftar distribusi frekuensi.
-           Daftar distribusi frekuensi kumulatif.
b.   Penyajian data dalam bentuk diagram:
-           Diagram garis.
-           Diagram kotak-garis.
-           Diagram batang  daun.
-           Diagram batang dan diagram lingkaran.
-           Histogram dan poligon frekuensi.
-           Diagram campuran.
-           Ogif.

C.     Metode Pembelajaran
         Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Guru mengajak siswa untuk menafsirkan data dari berbagai macam bentuk tabel dan diagram sesuai dengan konteks yang digunakan.
·        Mendiskusikan bagaimanana cara menyajikan data dalam berbagai bentuk tabel, dan siswa dituntut untuk bisa mengeluarkan pedapat bagaimana cara  meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok). mudah untuk menyajikan
·     Siswa dapat menyajikan data sesuai dengan kemampuan dan cara mudah yang mereka pahami dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogif, serta penafsirannya.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pertemuan Pertama dan Kedua        
         Pendahuluan
         Apersepsi :        
Ø  Guru bertanya kepada peserta didik tentang cara membaca tabel
Ø  Guru menyuruh peserta didik untuk mengingat kembali bentuk-bentuk tabel (daftar) dan diagram.
Ø  Membahas PR.

         Motivasi :    
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik  dapat menyajikan data dalam berbagai bentuk tabel dan diagram, kemudian menafsirkan data tersebut untuk bisa menyelesaikannya dengan menggunakan perhitungan statistik.
        
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Ø  Peserta didik mencari pengetahuan dari buku, internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan mengenai cara menyajikan data dalam berbagai macam bentuk tabel (daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok)) dan diagram (diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, ogif), serta cara menafsirkan data dari berbagai bentuk tabel dan diagram
Ø  kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi dan peserta didik dituntut untuk mengeluarkan pendapat tentang pengetahuan yang telah ia dapat mengenai penyajian data dalam bentuk tabel (daftar
Ø  Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas dan menyimpulkan diskusi yang telah dilakukan.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Ø  Peserta didik mencari atau menemukan sendiri permasalahan yang ada di lingkungan sekitarnya mengenai daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, daftar distribusi frekuensi kumulatif, diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, dan ogif.
Ø  Peserta didik dan guru secara bersama-sama mendiskusikan permasalahan yang ditemukan siswa dan membahasnya bersama-sama
Ø  Peserta didik menegrjakan latihan soal yang diberikan guru
Ø  Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai penyajian data dalam bentuk tabel (daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok)) dan diagram (diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, ogif), serta cara menafsirkan data dari berbagai bentuk tabel dan diagram.

&    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Ø  Guru bertanya apakah siswa telah memahami materi mengenai penyajian data dalam bentuk tabel (daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok)) dan diagram (diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, ogif), serta cara menafsirkan data dari berbagai bentuk tabel dan diagram
Ø  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik mengenai penyajian data.

         Penutup
Ø  Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penyajian data dalam bentuk tabel (daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok)) dan diagram (diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, ogif), serta cara menafsirkan data dari berbagai bentuk tabel dan diagram.
Ø  Peserta didik diberikan tugas/PR untuk diselesaikan dirumah berkaitan dengan penyajian data dalam bentuk tabel (daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok)) dan diagram (diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, ogif).

E.     Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
Ø  Buku paket dan LKS
Ø  Internet
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F. Penilaian         
Ø  Tugas individu
Ø  keaktifan diskusi
Ø  Tugas/PR
              
Bentuk Instrumen    :     uraian singkat.
Contoh Instrumen    :    
1.      Data nilai Matematika di kelas XI IPA adalah sebagai berikut:
6  7  5  4  9  5  4  4  5  6
5  3  7  4  8  5  9  6  4  5
7  6  6  5  6  4  6  8  7  8
9  3  6  7  4  5  6  6  6  8
     a.    Susun data di atas dalam daftar distribusi frekuensi data tunggal.
     b.    Tentukan frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari.
2.      Buatlah diagram batang daun dari data berikut.
               88  32  78  74  67  56  84  58  51  66
               45  64  47  76  35  74  52  74  52  61
               63  69  64  68  43  68  50  50  34  33
               28  21  31  48  49  55  63  64  73  78
               81  70  73  56  57  24  27  29  30  34
3.      Gambarlah histogram dan poligon frekuensi untuk data hasil ulangan Bahasa Inggris dari      40 siswa berikut:
Nilai
Frekuensi
46-50
3
51-55
5
56-60
7
61-65
10
66-70
8
71-75
4
76-80
3




     
                                                                       
                             


                                                                                                ........,............................................
    Mengetahui,                                                                       Guru Mata Pelajaran Matematika
    Kepala Sekolah



     _______________________                                             _______________________
     NIP/NIK.              vv                                                                   NIP/NIK.

1 komentar: